Binmas adalah county sheriff di alam metaverse

Kemaren safari ke Polres jajaran Polda Kalsel untuk updating database jaringan teror.  Salah satu yang  sempat dikunjungi adalah Polsek Daha Selatan. Dulu pernah mendapatkan musibah berupa serangan teror yang pada akhirnya menghanguskan kendaraan dinas Polsek serta seorang anggota Polri gugur saat itu.

Polsek yang lumayan jauh dari Mapolres, perlu sekitar 2-3 jam perjalanan darat. Jumlah personil 11 orang termasuk Kapolsek dengan dimensi  tugas dimasa pandemi yang semakin beragam, jumlah secara kuantitas sangat minim sekedar untuk efektif  saja sebelum masuk ke ranah efisien.

Menunggu realisasi strategi presisi Polri untuk mengimplementasikan dengan me-refocusing tugas Polsek-Polsek pedalaman melalui:  pengalihan sumber daya Polri di tempat dan fungsi lain yang lebih banyak untuk kemudian ditugaskan menjadi anggota Polsek-Polsek, konsepnya lewat tour of duty dan reward dalam jangka waktu tertentu.

Me-refocusing kembali kepada fungsi Polsek sebagai basis early warning dan early detection melalui kegiatan pre-emptive dan preventif, dengan bentuk adalah penempatan setidaknya 1 orang Bhabinkamtibmas Polri untuk 1 desa, menghapuskan stuktur kepolisian lainnya dengan philosophy mengalihkan struktur lain kedalam pelaksanaan tugas Bhabinkamtibmas.

Binmas bisa dan wajar melakukan tugas intelijen: seperti lidik, pengamanan dan penggalangan  demikian juga Bhabinkamtibmas tetap wajar dalam melaksanakan tugas lidik dan sidik kriminal melalui pendekatan restorative justice, Babhinkamtibmas juga pantas dalam menerapkan tugas turjawali Sabhara Polri, toh juga di para Bhabinkamtibams ditempatkan di Desa-desa nun jauh disana yang jumlah penduduknya, kebutuhan dan mobilitas transportasi serta aktivitas kesehariannya tidak sekompleks di perkotaan, masyarakat di desa-desa hanya membutuhkan sosok polisi 24/7 ditengah masyarakat bukan di tengah kantornya.

BINMAS itu harus BESAR, KUAT dan PROFESIONAL agar POLRI menjadi HEBAT dan BERMANFAAT

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s