Awalnya browsing sana sini mencari info apa yg paling hits untuk jalan jalan di brussel.
Informasi manekis pis atau patung anak kecil yg sedang pipis secara tidak resmi disebut sebagai tujuan wisata favorit di sini.

Berjuang bangun pagi setelah tersesat rute bus dan kereta prancis akhirnya mengantar kaki ke lokasi si anak pipis.

Disinilah terbukti promosi bisa mengalahkan realita, semula dalam benak pikiran adalah si manekin pis bakal seukuran anak anak indonesia yang sehat berkat program bpjs maupun kjp atau setidaknya sebesar anak yg sedang nakal pada umumnya.

Letaknya persis perempatan jalan , kira kira jalan kaki sejauh 1km atau 20menit jalan santai dari depan stasiun brussel gare midi kearah kota tua/ istana .

Tepatnya benar benar jalan kecil ukuran jalan kompleks perumahan di indonesia dan pastinya si manekin piss berukuran tidak lebih dari ukuran bayi 5 bulan sedang pipis.

Menurut cerita yg ditulis ,patung dibuat sebagai tanda pembangunan fasilitas air minum kota di tahun 1691, atau sekitar 4 abad. Yg lalu sisa peninggalan proyek PDAM Belgia.

Tidak ada cerita resmi kenapa patung anak.kecil pipis sengaja di letakkan disitu selain tulisan tentang pembangunan proyek PDAM saja, tetapi menurut penduduk lokal ,bila kita mau ngarang cerita tentan si anak kecil tadi, dipersilahkan saja,asalkan positip dan diupload ke sosmed.

Ini sih promosi gratis namanya, jaman sosmed fenomena biasa  dibelahan dunia lain bisa jadi berita heboh di belahan dunia yg berbeda.

Belajar dari bagaimana pemda brussel mengelola patung seukuran bayi pipis dipojokan gang sempit menjadi sesuatu milik dunia, itulah yang paling perlu dipelajari.

Siapa tahu kelak pemda di indonesia bisa mengangkat dan mengemas tour berbasis urban legend seperti : tour jakarta ghost night yg mengangkat cerita dibalik  si manis jembatan ancol  kemudian lanjut ke hantu jeruk purut ,ditutup makan tengah malam gulai tikungan / gultik setelah melihat penampakan hantu kentang rebus di daerah kemang.

Atau kalau bisa mengemas paket jakarta love story : dengan paket melewati jembatan cinta pulau tidung atau uji nyali dengan bawa pasangan ke kebun raya bogor, konon yg bawa pasangan kesana bakalan putus tetapj justru yg datang jomblo dan dapat keNalan disana bakal jadi pasangan abadi ever after.

Antara rasa jengah ketipu patung pipis yang seupil dengan kenyataan di indonesia yg lebih kaya dan beragam ceriTa urban legend yg bisa digarap.

image

image

image