GSG 9 nama ini mungkin pernah anda dengar selintas ,khususnya penggemar sejarah kepolisian dan militer, nama ini sempat mencuat karena pernah dikait kaitkan dengan pembentukan unit gultor di indonesia.

berkunjung ke mako gsg9 di kota Koln tepatnya di kecamatan Sankt Augustin Rata rata personil gsg 9 sangat ramah dan mau berbagi pengetahuan dan nkpengalaman kecuali pada saat bicara masalah operasi lawan insurjensi berhutan tropis seperti di indonesia ,mereka katakan pasti berat operasi oli di indonesia kami pasti tidak tahan nyamuknya.   Beberpa ide yg bisa saya sharing adalah : 1. Latihan latihan dan latihan merupakan sebuah kesejahteraan bagi agt gsg 9, saya datang ke mako tiap jam 8 pagi ,karena jam 07.00 adalah waktu sarapan bagibsemua penghuni kompleks, jam 8 tet latihan dimulai , materinya sesuaikan dengan unit anda sendiri apakah unit sniper, unit selam atau unit terjun , bentuknya mengasah kemampuan pribadi dalam menembak, beladiri,renang atau selam, dan semuanya mandiri dilakukan sampai jelang jam makan siang, lepas makan.siang jam 13.00 silahkan lakukan olahraga mandiri apakah maen bola,lari,fitnes,karate dll silahkan atur sendiri sampai jam 16.00 jam pulang kantor. Beberapa hal yg bisa ditarik. adalah latihan adalah kesejahteraan,  karena mereka yg terlatihlah yg ” laku” dalam penugasan.

  1. kesiapan personil gsg 9 adalah setiap hari ada tim siaga terdiri dari sekian perwira dan sekian unit dgn catatan agt yg kena siaga ( jumat sampai jumat ) wajib tinggal di barak dan menyiapkan gear dibawah tempat tidur masing masing. Konsep ini bagi rekan rekan kaden gegana  perlu ditiru yakni latihan taktik dan teknik  brimob dari pagi sampai siang baru setelah makan siang sampai apel siang diisi giat pembinaan fisik atau intelegensia secara pribadi atau kurve kurve satuan.

Memberikan kepercayaan.     kepada agt yg siaga utk siapkan alat berupa senpi ,mobil ,motor dll agar sedia dipake 24/7 dalam jangkauan 1-3 jam sudah di tkp.

beraudiensi dengan komandan gsg9 bapak kolonel jerome fuchs ,beliau antusias memberikan peluang kepada adik adik nantinya ikut berlatih di jerman, ada penekanan kami kepada pak jerome ,bahwa polri perlu menambah kesempatan belajar sniper dan aspek maritime ,hal ini dipengaruhi adanya peristiwa abu sayyaf group dan pengalaman operasi ujung genteng ( narkoba) dahulu.

Kedepan adalah bagaimana brimob mempunyai kemampuan wanteror aspek perairan dan kemampuam sniper kepolisian yg mumpuni.
Satu lagi adalah pernyataan kapolri pagi ini tentang terpilihnya presiden philipina yg baru the punisher yg programnya adalah menggebuk abu sayyaf group ,,perlu kita antisipasika kalau ada migrasi atau pengungsi dari mindanao ke indonesia( tarakan dan sulut)

Untuk selanjutnya pasti akan tarik ulur siapa eksekutor gultor aspek laut spt brahma 12, tetapi sudah saatnya polri dalam hal brimob siapkan opsi alternatif dgn ops intelijen di manila,mindanao dan sangir talaud,ops tadi jadi pilihan sebelum benar benar eksodus pejuang mindanao digempur philipina army dalam bulan bulan kedepan,

eksodusnya adalah senjata,munisi dan peledak masuk wilayah nkri itu yg perlu segera diantisipasi .