Seperti permainan sepak bola  yang sekarang sedang  gonjang ganjing di Indonesia, umpan-umpan balik dan tarik dari para pemain akan menentukan seru atau tidaknya permainan yang digelar.

Pun demikian halnya dengan “iseng-iseng ” bimbingan penulisan NKP, yang kadang-kadang menjadi booming ketika sedang memasuki musim  seleksi SIP, STIK dan SESPIM, tentunya apresiasi patut sama sama kita berikan kepada mereka yang dengan semangat mau belajar dan mencari referensi tambahan agar bisa membuat NKP nya sendiri.

memeriahkan hingar bingar  musim  NKP  kali ini ada beberapa hal yang perlu sama sama kita cermati untuk kemudian menjadi sebuah kontribusi nyata , yakni adanya UMPAN BALIK atas setiap kegiatan baca membaca materi terkait NKP di blog ini adan UMPAN TARIK dari hasil ” bimbingan ” online terhadap keberhasilan seleksi TES yang dilakukan.

UMPAN BALIK dan UMPAN TARIK ini menjadi penting karena :

  1. penulis dan pemilik blog membutuhkan apresiasi bahwa apa yang coba dituangkan dan diobagikan apakah memuaskan pembacanya, memberikan manfaat dan layak untuk dibagikan lagi.
  2. UMPAN BALIK tadi akan menjadi materi diskusi baru yang lebih kekinian dan lebih sempurna  karena semua pembaca yang berminat akan saling menuangkan ide dan gagasanya untuk saling memberikan masukan positif.

Sebagai sebuah masukan , saya coba memuat beberapa  email dari rekan-rekan yang saya sebut saja COSTUMER sebagai sebuah komunikasi online dalam diskusi terkait NKP dan seluk beluknya.

Semoga kita bersama bisa saling berbagi pengetahuan tentang NKP dan saling memberikan pencerahan  ilmu pengetahuan dan wawasan baru.

Salam hormat : SRIGUNTING



images (9)

CUSTOMER 1 :

Slamat Pagi pak, sy mohon bantuan Bapak dalam penulisan NKP, sy sekarang akan mengikuti seleksi SIP Th. 2015, dan diharuskan untuk membuat NKP.

Tema dari penulisan NKP saat ini “MELALUI PENDIDIKAN SEKOLAH INSPEKTUR POLISI KITA TINGKATKAN PELAYANAN KAMTIBMAS PRIMA UNTUK MEMBERIKAN PERLINDUNGAN, PENGAYOMAN, PELAYANAN DAN BIMBINGAN KEPADA MASYARAKAT, PENEGAKAN HUKUM YANG TEGAS, MENJUNJUNG TINGGI HAK AZASI MANUSIA SERTA ANTI KORUPSI, KOLUSI DAN NEPOTISME GUNA MEMANTAPKAN KEAMANAN DALAM NEGERI”

Mohon bantuan Bapak bisa kiranya memberikan sy alternatif judul NKP yang tidak keluar dari tema tersebut diatas tetapi berhubungan dengan tugas sy di Bagian Laka Lantas.images (8)

SRIGUNTING :

Selamat sore pak  Iwan. Masalah lantas justru sangat  luas bila mau diangkat jadi nkp. Mulai dari urusan traffic engineering, Traffic education, Traffic law enforcement dan identification, bapak bertugas di laka lantas artinya bapak di bidang law enforcement.

Coba bapak telusuri  kembali kebelakang apakah selama di unit laka bapak melihat sebuah fenomena ganjil yg menurut bapak bisa dilakukan secara procedural agar menjamin  kualitas  lidik sidik laka bapak, ternyata malah dibuat asal asalan yang penting p21 atau malah masuk buku register 2 alias buku hantu.

Dalam blog saya  terdapat tulisan serupa nkp, tentang upaya pemanfaatan media sosial sebagai sarana dikyasa kepada masyarakat dan tulisan satu lagi tentang penggunaan database laka lantas yang akhirnya bisa sebagai rekomendasi  cara menurunkan jumlah laka lantas .

tulisan tersebut realitas  dari pengalaman di lapangan yang membuat Kapolres dan kanit laka waktu ITU pusing, karena tidak ada lagi buku 1 dan buku 2 laka.

Silahkan dibuka buka pada blog saya. Ketik saja di pencarian … Kata kunci Lantas atau Polantas. Selamat belajar Pak.

CUSTOMER  2 :

download (3)

#Optimalisasi  peranan panit surveilance, di satgswil sumbagsel densus 88 Anti Teror Polri, selaku pengemban tugas deteksi dini yang tegas dan profesional, guna terciptanya keamanan dalam negeri.# Izin pak mohon di koreksi judul NKP saya….. Perlu ditambahkan kata kata atau ada yg harus di kurangi…. Mohon petunjuk.. Trims

SRIGUNTING :

Halo pak Aries . untuk rancangan judul bapak sudah bagus tinggal ditegaskan kembali bahwa NKP tersebut merupakan pikiran bapak untuk MENGOPTIMALKAN…. Peran  panit surveilance lewat upaya APA…. Guna menghadapi tugas APA  dalam rangka Mewujudkan APA

Jadi judul nkp tersebut terbagi menjadi …. Optimalisasi/ revitalisasi/ implementasi/ ………..GUNA…….. DALAM RANGKA……. sebagai masukan rumusan judul sesuai level nkp bapak sebagai first line supervisor                        ( panit.paur DLL) adalah OPTIMALISASI PERAN PANIT SURVEILLANCE  GUNA MEMBANGUN JEJARING INFORMASI DALAM RANGKA MEWUJUDKAN  KEBERHASILAN TUGAS  DENSUS 88/AT SATGASWIL SUBAGSEL

Customer 2 :

sebelumnya saya ucapkan terimakasih sudah menanggapi permasalahan saya. selanjutnya saya mohon koreksi, sehubungan tgl 12-2-2015 akan saya pergunakan ujian.

NKP GABUNGAN.docxDownload

Srigunting  :

Terima kasih pak aries atas kepercayaan yang diberikan kepada saya untuk menelaah tulisan nkp bapak. LUAR BIASA. sebagai TOP dan TIP yg dapat disampaikan.

TOP :

gambaran latar belakang masalahnya sudah kelihatan . anda sudah bisa menggambarkan bagaimana dinamika tugas subsatgaswil subbagsel saat ini secara rinci.

Kedua. anda sudah menemukan dan bisa membedakan mana masalah… Mana fakta… mana data…mana pendapat dan mana asumsi termasuk mana rekomendasi.

Ketiga, tulisan anda  secara keseluruhan sudah kelihatan pendahuluan … Sajian data… Analisa… Kesimpulan dan saran.

TIP :

Mengingat terminologi Deteksi dini yang tidak lepas dari pemaknaan pulbaket … maka yg lebih tepat bukan tegas dan profesional tapi lebih kepada AKURAT DAN  UPDATE.

atau cukup : tajam dan terpercaya.A1

KEDUA, mengingat waktu ujian nanti adalah cuma 3 jam tulis tangan maka untuk pendahuluan dipersingkat lagi.. atau sebagian di potong dimasukkan kedalam gambaran umum.

Ketiga .. Untuk strategi…. Ingat kata kunci adalah CARANYA, misalkan dari nkp anda menceritakan bahwa subsatgas anda jumlah pamen cuma 2 Pama 2 . Ba ada 10, wilayah 5 Provinsi besar, maka STRATEGINYA ADALAH ( caranya ) supaya  tugas terselenggara dengan optimal dilakukan dengan :

  1. Meningkatkan sinergitas polisional berupa meningkatkan kordinasi dengan satwil satwil yg ada sampai ketingkat Polres secara intensif.
  2. Membuat prioritas sasaran dan kegiatan, dimana sangat sulit mengcover 5 Polda secara bersamaan . maka diprioritaskan mana yang menjadi polda atensi 1 atensi 2 atau atensi
  3. Meningkatkan kualitas dan kuantitas jaringan intelijen baik dengan sesama komunitas intelijen maupun potensi masyarakat di Sumbagsel.

Dari strategi barulah dibuat action plan atau rencana aksi baik jangka pendek ( triwulan 1) sedang ( triwulan 2 ) panjang ( triwulan3 dst… )

Diambil dari mana rencana aksi ini… diambil dari strategi …

Contoh :

Strategi 1. Meningkatkan sinergitas polisional berupa meningkatkan kordinasi  dengan satwil satwil yg ada sampai ketingkat Polres secara intensif, dilaksanakan dengan rencana aksi :

Jangka pendek :

Melaksakan kunjungan dalam rangka kordinasi dengan segenap Kasat Intel Polres secara door to door sebagai langkah pendekatan awal membangun jaringan.

Jangka sedang :

Mengundang para Kasat Intel jajaran untuk mengadakan rapat kordinasi

dalam meningkatkan kualitas lidik kejahatan terorisme di wilayah Sumbagsel sebagai langkah lanjut penguatan jaringan

Jangka panjang :

Menyelengarakan forum komunikasi jaringan Intel secara intensif dengan jajaran Kasat Intel Subbagsel sebagai langkah pemantapan jaringan

Rumusan straegi yang saya coba sampaikan  diambil dari kumpulan kondisi saat ini ditambah SWOT yang anda sebutkan, diimana sebagai sebuah rancangan NKP anda haruslah realistis dilaksanakan,  artinya dengan kondisi sekarang yang paling mungkin dijalankan sebagai strategi adalah dengan ( strategi 1.2.3) tadi dibandingkan dengan strategi yang lebih sulit misalkan meminta tambahan personil… atau meminta tambahan anggaran. Selain pengadaan personil.. Sarpras … anggaran merupakan hal  yang sulit sulit gampang di Polri.

Jadi yang lebih relevan adalah dengan : MENINGKATKAN KERJASAMA…. MEMBUAT PRIORITAS …. MEMPERBANYAK JARINGAN….dengan kondisi saat ini  adalah jumlah personil dan alat tetap.

Terima kasih selamat bertugas.

Customer 3 :

eqe

slmat mlam…..saya dengan Bripka Deky peserta seleksi sip, saya menjabat penyidik pembantu polres , saya melihat kurang maksimal nya penyidik dalam memenuhi target pengungkapan dan target penyelesaian perkara yang disidik diakibatkan kurangnya kualitas SDM dalam hal penyidikan dan tanggung jawab yang rendah,  bagaimana memenuhi target kinerja dalam keterbatasan sdm, sarana prasarana, dukgar , Sesuai dgn tema MELALUI PENDIDIKAN SIP KITA TINGKATKAN PELAYANAN KAMBTIBMAS PRIMA UTK MEMBERIKAN PERLINDUNGAN KMA PENGAYOMAN KMA PELAYANAN DAN BIMBINGAN KPD MASYARAKAT KMA PENEGAK HUKUM YG TEGAS KMA MENJUNGJUNG TINGGI HAM SERTA ANTI KKN GUNA MEMANTAPKAN KEAMANAN DLM NEGERI , mohon pencerahannya serta contoh judul terkait hal tersebut, tks.

Srigunting :

Terima kasih sudah menghubungi saya. Mohon maaf bila telat menjawab sehubungan sinyal WiFi ditempat saya sekarang sedang kacau. Untuk pedoman penulisan nanti bapak bisa lihat detilnya pada contoh beberapa nkp yg pernah saya upload,  kemudian menulis nkp ibaratnya belajar naik sepeda butuh waktu beberapa saat namun bila sudah paham teknisnya, Insya Allah akan mengalir.

Nkp dibuat sebenarnya adalah untuk menuangkan ide ide yg bapak punya melihat sebuah kejadian di tempat bapak bekerja.  Biasanya kalau kita lagi tongkrongan di penjagaan atau kantin mako… maka yang  paling enak adalah ngomongin sesuatu… nah nkp INI juga demikian ibarat bapak lagi ngomongin sesuatu namun bapak diminta menuliskan…

Pertama permasalahannya dahulu ;  misalkan bapak melihat bahwa kasihumas maupun kasikum Polsek urban masih jarang dapat kerjaan atau malah dijadikan Pam obvit ikut jaga Bank atau Kantor… padahal tupoksinya tidak demikian.

Kemudian setelah bapak menemukan permasalahan : kurang optimalnya pelaksanaan tupoksi kasikum atau kasihumas Polsek dalam laksanakan tipoksinya… Bapak lanjutkan dengan rumusan masalah yang tidak lepas dari : BAGAIMANA MENGOPTIMALKAN PELAKSANAAN TIPOKSI HUMAS ATAU BINKUM DI LINGKUNGAN POLSEK X GUNA MENDUKUNG PELAKSANAAN TUGAS PEMOLISIAN DALAM RANGKA MENJAMIN TERSELENGGARANYA PELAYANAN PRIMA KEPOLISIAN .

Dari PERMASALAHAN nanti bapak rumuskan menjadi MASALAH PENULISAN yang ingin bapak carikan solusinya seperti :

  1. bagaimana menyiapkan awak sikum atau sihumas yg akuntabel atauampu bekerja
  1. bagaimana mendapatkan dukungan anggran utk kegiatan sikum Dan sihumas
  1. bagaimana mendapatkan dukungan alat alat kerja
  1. bagaima merumuskan tata Cara kerja antara sikum atau sihumas dengan unit lainnya dalam Polsek.

Setelah ITU barulah bapak mulai mengidentifikasi kondisi, personal, Dukgar, peralatan dan metode kerja saat INI…. Bagaimna kondisinya. Terus bila bapak sudah dapat mengatakan INI lho kondisi saat INI tentunya bapak ingin menemukan rumusan ideal yang sebenarnya dari kondisi yang diharapkan

Antara menemukan rumusan kondisi sekarang yang sedang rusak tidak optimal serta serba terbatas menjadi kondisi ideal yang dicita-citakan disitulah peran calon inspektur polri untuk merumuskan suatu upaya pemecahan masalah yang tidak lupa dikaitakn dengan: kekuatan , kelemahan, peluang dan ancaman  ( SWOT) yang  melingkupi organisasi bapak baik internal Polsek maupun eksternal Polsek.images (8)

Hasil dari pemikiran bapak tadi terhadap upaya peningkatan pelaksanaan tugas  Sikum dan atau Sihumas bapak tuangkan dalam rencana aksi baik yang dilaksanakan dalam jangka pendek, sedang maupun panjang.

Ibaratnya kalau bapak jadi pimpinan tertinggi disana maka rencana aksi bapak dalam waktu dekat adalah begini… Saya akan mengambil tindakan INI dulu …. Setelah ITU… Dalam waktu sedang saya akan begini… Sehingga ap yang saya pwrbuat di waktu pertama Dan kedua akan menjadi sambungan untuk jangka waktu lama.

Kembali lagi pak, untuk rumusan judulnya APA ????  akan lebih baik dibuat diangan angan saja dahulu, karena kalau duluan judul  yang dibuat malah akan menghambat penulisan…. justru yang jadi patokan adalah PERMASALAHAN dan RUMUSAN MASALAHNYA  supaya tidak kesana kemari ceritanya.

Ingat pak. Nkp ITU cuma memindahkan obrolan kita yang kerap ngalor ngidul berjam jam di warung kopi kedalam bentuk tulisan yang teratur, runut dan ada solusi nyatanya, bisa dilakukan oleh calon calon anak buah bapak kelak. Selamat berlatih, sukses bersama bapak yang senantiasa berusaha

Customer 4 :

Pagi pak….mohon maaf dan mohon pencerahan penyusunan nkp untuk mengikuti seleksi Sip…. Tahun 2015 saya bertugas di Kanit provos polsek…makasih

Srigunting :

Pembuatan judul untuk NKP adalah dimulai dengan memahami bahwa NKP atau tulisan dinas polri saat ini dibuat dengan 3 penggal atau gampangnya kalau boleh disebut 3 variabel.

Penggal pertama isinya adalah UPAYA (ingat NKP merupakan rumusan tertulis dari identifikasi, analisa , kesimpulan, rekomendasi suatu permasalahan ) jadi penggal pertama bisa diisi dengan :  OPTIMALISASI … kalau ingin meningkatkan dari suatu yang sudah berjalan menjadi tambah baik ;  REVITALISASI … kalau ingin menguatkan suatu strukur yang berjalan agar kembali menjadi struktur yang terdepan atau terbaik ;  IMPLENTASI kalau ingin menerapkan sesuatu yang baru benar benar baru; DLL.

Penggal kedua adalah wujud  dari upaya tadi atau output … sebagai contoh (ingat kata kunci GUNA)   …………. implementasi absensi sidik jari bagi anggota Sat Sabhara Polres x GUNA MENINGKATKAN DISIPLIN  WAKTU KERJA.

Penggal ketiga adalah outcome atau dampak dari suatu upaya, ingat kata kunci adalah : DALAM RANGKA , implementasi  terhadap hasil atau output ( ADANYA DISIPLIN WAKTU KERJA ) dengan dampak bahwa KINERJA SAT SABHARA MENJADI AKUNTABEL.

Customer 5 :

Slmt siang, mhn saran dan masukan

Teman sy ada teu membuat nkp, temanya sdh ditentukan yaitu “nilai dasar pancasila dengan perilaku sehari-hari anggota polri di lingkungan masyarakat”  Tugasnya d bag.intelkam agaimana konsep judulnya pak sri? Biar nanti pengembangannya oleh saya

Terimakasih sebelumnyaimages (10)

Srigunting :

Selamat malam pak. Mohon maaf baru bisa membalas, untuk tema sepertinya masih global mungkin ada baiknya bila dibuat kisi kisinya, Saya melihat setelah pamsan hilang dari fungsi intel maka fungsi ini sepertinya kurang bertaji.

Untuk itu ada baiknya nkp bapak nanti tidak lepas dari intel sebagai kegiatan yang meliputi LIDIK .PAM. GAL. dimana secara taktis intel bergerak mendahului setiap operasi ataupun giat kepolisian, kemudian Intel mengiringi ( pam ) giat kepolisian dan intel sebagai penutup pelaksanaan operasi atau giat kepolisian berupa produk analisa hasil operasi. Di tingkat satwil sebagai ujung tombak pemolisian di indonesia adalah polsek dengan polres sebagai KOD.

SARAN SAYA bagaimana bila bapak mengangkat upaya optimalisasi giat pulbaket melalui media sosial guna menangkal perkembangan paham-paham radikal dalam rangka mewujudkan polri yang profesional melinsungi dan mengayomi masyarakat.

Adapun rumusan masalah atau persoalannya adalah

  1. Bagaimana dukungan sumda yg dapat melakukan giat pulbaket melalui medsos yang dibutuhkan.
  2. Bagaimana dukungan sarprasnya.
  3. Bagaimana dukungan anggarannya
  4. bagaimana penyiapan dukungan anggaranya.

Demikian Pak semoga berkenan

thDQPFAE0SCostumer :

selamat pagi pak srigunting, sy ingin belajar bagaimana cara pembuatan NKP dengan benar sesuai dengan alur yg pernah bapak sampaikan,, sy dinas d polda x, d wilayah kami untuk tingkat laka lantas nya sudah mulai memprihatinkan , d awali dengan korban laka yg meninggal anak2 d bawah umur yg usia produktif,, kebetulan sekali di wilayah kami terutama di daerah perusahaan yang daerah nya sulit dijangkau dengan transprtasi darat, maupun air.. sehingga beberapa perusahaan memberikan transportasi umum dengan menggunakan kendaraan barang yang fungsiny utk memuat barang bukan penumpang utk d jadikan sarana trasportasi.. dengan adanya kebijakan perusahaan it sering beberapa kali kndaraan yg mengangkut karyawan ataupun masy sekitar terlibat laka dg korban meninggal dunia cukup besar.. sy ingin belajar bagaimana cara mengulas beberapa pokok permsalahan yg ada di wilyah kami untuk d jadikan judul pembuatan NKP yang mempunyai nilai di mata pimp kami, dan dapat menjdi dasar penanggulangan laka secara efektif , demikian tks.

Srigunting :

Selamat pagi pak Andrie, sebelumnya ijinkan saya  memberikan penekanan bahwa bapak menemukan sebuah fenomena / permasalahan yakni adanya kecelakaan lalu lintas yang melibatkan kendaraan berupa Truk / kendaraan barang yang peruntukkannya bukan sebagai kendaraan penumpang umum   namun oleh beberapa  Pabrik , Perusahaan dan Kebun  digunakan sebagai kendaraan operasional antar jemput karyawan.  Secara legal formal UU lalu Lintas  no. 22 tahun 2009 mensyaratkan bahwa kendaraan hanya dapat digunakan sesuai jenis dan peruntukkanya.

Dari fenomena diatas dapat saya berikan masukan sebagai berikut :

  1. Mulai dengan merumuskan masalah penelitian ( persoalan )  dari permasalahan diatas , kata kuncinya adalah  KATA TANYA  : ( 5 W dan 1 H).
  2. Kemudian diingat bahwa NKP merupakan sebuah tulisan dalam format tertentu ( dinas) yang maksud pembuatannya adalah memberikan SOLUSI  atau problem solving.
  3. Tulisan realistis dan membumi artinya berdasar teori dengan jabaran yang bisa dilaksanakan , sebagai penekanan bahwa  secara legalitas penggunaan kendaraan harus sesuai peruntukkannya, namun secara sosiologi hukum bahwa hukum tersebut  tidak berada diruang hampa dan ditemukan  pluralism hukum “ strong legal pluralism and weak legal pluralism “  Sally Mary. Artinya harus memperhaikan juga hukum dilanggar untuk kepentingan public tinggal bagaimana mekanismenya supaya pelanggaran hukum tersebut tidak menimbulkan kerugian lebih banyak kepada masayarakat.
  4. Perhatikan juga bahwa run down tulisan harus runut maksudnya bila persoalan ada 3 maka pembahasan juga 3 dan kesimpulan ada 3.
  5. Isi NKP berupa langkah strategis , teknis dan taktis yang bisa meliputi :pendidikan , pencegahan  atau penindakan

Dari 3 masukan terkait  teknis, dapat saya rumuskan materi tulisan sebagai berikut :

  1. Masalah penelitian : fenomena laka  lakalantas yang melibatkan kendaraan Truk barang sebagai angkutan penumpang bagi karyawan pabrik di wilkum polda x.
  2. Persoalannya adalah :
  3. Bagaimana mengoptimalkan peran unit Dikmas lantas dalam memberikan PENDIDIKAN kamseltibcar lantas terhadap  awak kendaraan truk ?
  4. Bagaimana mengoptimalkan fungsi Patroli lantas dalam MENCEGAH terjadinya laka lantas yang melibatkan truk barang di lokasi rawan laka ( black spot ) di wilkum Polda X ?
  5. Bagaimana mengoptimalkan upaya penegakkan hukum terhadap awak kendaraan truk barang yang  terlibat laka lantas di wilkum Polda  X ?
  6. Sebagai contoh, silahkan bapak  mereview beberapa NKP saya sebelumnya terkait lalu lintas ( lihat pada pencarian  : lalu lintas ).