Indahnya hidup di indonesia dibandingkan tinggal di eropa. Bila kawan ukraina mengtakan setidaknya mereka memiliki spring. Summer. Autum dan winter. Maka lain lagi kawan dari ghana. Mereka bilang memiliki musim rainy season dan dry season.maka paling beruntung adalah kita bangsa indonesia yang gemah ripah lohjinawi sopan santun tinggi budi bahasa serta gemar bermusyawarah untuk mufakat ( kata orang indonesia juga).

Kita punya tidak hanya 2 atau 4 . tapi kita punya bermacam macam musim .sebut saja musim duren . musim mangga. Musim banjir . musim sakit mata. Musim kabut asap. Musim tawuran sekolah sampai yang lagi hits saat ini MUSIM NKP.

ya.  Datang juga musim yang satu ini. Namanya musim nkp. Barang ajaib yang bisa jadi momok bagi sebagian orang

NKP  aslinya adalah sebuah tulisan biasa yang isinya penuangan hasil pikir dan analisa terhadap sebuah fenomena yang terjadi.

Kesulitan dala  membuat NKP sebenarnya tidak lepas dari jam terbang dalam menuangkan ide ide cemerlang yang biasanya muncul tiba tiba seiring ” jam terbang” menghadapi suatu fenomena.

Ide yang cemerlang hanya muncul kepada mereka yang memiliki penalaran yang baik terhadap sebab musabab suatu gejala … Ditambah pengalaman trial and error munculah suatu analisa yang kemudian dapat dijadikan sebuah kesimpulan berlanjut masukan dan saran.

Namun NKP tidak hanya sampai disitu. Sia bisa diwujudkan bilamana  ide ide  cemerlang tadi dituangkan dalam tulisan. Ya  sebuah tulisan dengan kaedah teknik penulisan. Aturan penulisan dan gaya tulisan dan lain lain.

Disinilah letak masalahnya… Pemikiran boleh cemerlang…. Presentasi verbal berapi api… Tapi teks berupa tulisan yang bisa dipahami manusia dibelahan manapun …. Itu lain  cerita

Menuangkan pikiran kedalam tulisan…. Sering terhambat kepada . mau mengawali dengan kalimat bagaimana… Kemudian  pendahuluannya seperti apa belum lagi menyambungkan paragrah paragrah agar membentuk suatu cerita utuh yang menggambarkan sebuah ide cemerlang tadi.

Seseorang pernah membisikan ke telinga…. Kalau mau nulis apapun  gaya dan teknisnya termasuk bentuknya. Pahami bahwa tulisan kita itu merupakan gambaran tekstual mungkin  visual dari semua ide.  Dimana ide tersebut haruslah runut…. Berkesesuaian dan klimaks. Artinya ise tersebut disusun bagai sebuah skema atau peta… Isyilahnya mind mapping .

Maksudnya tergambar mana subyek mana obyek cerita. Bagaimana hubungan keduanya. Mana sebab mana akibat. Mana awal mana akhir. Dan sebagainya.

Singkatnya dalam memberikan analisa terhadap sebuah peristiwa atau permasalahan mulailah buat pemetaan masalah atau biasa disebut rumusan masalah secara kerennya.

Misalkan saja kita menemukan fenomena kerap terjadi laka lantas fatal di tikungan X… Umpamanya kita adalah polisi maka daya nalar dan analisa kita adalah ingin mencari jalan ( solusi ) untuk menangani masalah  laka lantaa fatal tadi secara tepat.

INGAT kita mulai  dengan pemetaan masalah dulu.

Opsi 1 : setiap laka lantas yg terjadi tidak perlu dilaporkan ke atas . cukup jadikan dark  number…… Walhasil ….. Sat lantas polres x jadi jempolan karena dianggap berhasil menekan angka kecelakaan  fatal . kasat lantas. Kabagops dan kapolres jempolan

Opsi 2 : memanggil paranormal .kemudian adakan ritual pemanggilan roh di lokasi rawan laka. Tambah penguburan kepala kerbau..walhasil….. Sat lantas. Kabagops dan kapolres … Jempolan 2 kali.

Opsi 3: mau repot repot ke lokasi black spot laka lantas mengasadakan pengamatan. Mengumpulkan info. Ditabulasi dalam data dan dikonfrontir dengan kumpulan laporan laka lantas plus kajian kajian ilmiah akademis mengenai mekanika . teknika jalan. Psilologi dan perilaku manusia kedalam sebuah  ide cemerlang berbunyi CARA MENCEGAH LAKA LANTAS FATAL DI TIKUNGAN X.

WUJUDNYA ADALAH :
1. Membuat peta masalah yang isinya : 5 w dan 1 h.
2. Membuat kajian kondisi saat ini yang dilihat dari bagaimana KEBIJAKAN yang berlaku saat ini misalnya adakah kebijakan pemda dalam kewajiban penyediaan  sarprasjal  di lokasi x. Jangan jangan karena kebijakan tumpang tindih antara kementrian perhubungan . pemprov dan pemda bisa jadi sarprasjal justru terabaikan keamanan .keselamatan.ketertiban dan kelancarannya.
Kajian berikut adalah mencari tahu KELEMBAGAAN  yg menjalankan kebijakan terhadap jalan .mulai dari pelaksana. Perencana da  pengawasnya. Sudahkan berjalan dengan baik

Kemudian yang perlu dilihat adalah aspek  BUDGETNYA. Dijaman  serba anggaran berbasis kinerja semua harus pake anggaran  dan harus bisa  dimintakan perwabkunya. Siapa tahu anda lagi menyusun peta masalah laka lantaa malah menemukan aroma korupsi pembangunan jalan akibat kualitas dan teknik pengerjaan yg tidak sesuai. Teliti budgetnya agar rumusan masalah yg kita buat nanti akan tajam menentukan kebijakan  yang  rumuskan karena tanpa pengwlolaan anggaran yang tepat ….. Bukan cukup maka  setiaP  LEMBAGA akan mampu melkasanakan KEBIJAKAN  yg dibuat sebelumnya.

Terakhir kajilah masalah  SARANA DAN PRASANA TEKNIS  yg ada. Bagaimana lampu TL marka dan rambu.. Bagaimana dikmas dan gatur lantas dilakukan . apakah gakkum lantas di lokasi  dapat dikodifikasi dalam sebuah data yang  ” bunyi” terjadi sebuah kecenderungan atau trend.

  1. Setelah muak membuat pemetaan masalah berupa kajian kondisi saat ini dan sedikit mengintip kondisi yang diharapkan ( tinggal mempertahankan yg sudah baik. Meningkatkan yang kurang dan menghilangkn  yang buruk)

Barulah mulai MENULIS … Dimulai dengan pendahuluan sebagai wajah awal yh menggambarkan NKP ini mau ngomong apa dan alurnya bagaimana.

Fase inilah sebenarnya yang terberat. Mulai menuangkan ide ide pikiran kedalam tulisan.tidak heran banyak yang ingin membahas masalah  dukun santet malah harus muter muter dengan cerita : indonesia  terletak diantara dua benua  dan dua samudera. Antara 6 derajat lintang utara s ampai 11 derajat lintang selatang . 93 drjt Bt smpai 141 dejt  bt. Dsb baru terakhir bingung mengkaitkan dukun santet dan lokasi geografis indonesia.

Bagaimana caranya. Apa awalanya dan sebagainya   dalam   membuat si BAB I PENDAHULUAN…… tunggu tulisan selanjutnya .
.