PERJALANAN TAHUNAN TINDAK PIDANA TERORISME DAN KORELASI DENGAN PENGGUNAAN INTERNET DI INDONESIA

2000 • Bom Kedubes Filipina, 1 Agustus 2000. Bom meledak dari sebuah mobil yang diparkir di depan rumah Duta Besar Filipina, Menteng, Jakarta Pusat. 2 orang tewas dan 21 orang lainnya luka-luka, termasuk Duta Besar Filipina Leonides T Caday.
• Bom Kedubes Malaysia, 27 Agustus 2000. Granat meledak di kompleks Kedutaan Besar Malaysia di Kuningan, Jakarta. Tidak ada korban jiwa.
• Bom Bursa Efek Jakarta, 13 September 2000. Ledakan mengguncang lantai parkir P2 Gedung Bursa Efek Jakarta. 10 orang tewas, 90 orang lainnya luka-luka. 104 mobil rusak berat, 57 rusak ringan.
• Bom malam Natal, 24 Desember 2000. Serangkaian ledakan bom pada malam Natal di beberapa kota di Indonesia, merenggut nyawa 16 jiwa dan melukai 96 lainnya serta mengakibatkan 37 mobil rusak. Pada malam Natal 2000 Abdul Aziz alias Imam Samudera melakukan pengeboman gereja di Batam dan peledakan bom di malam Natal tahun 2000 serta peledakan Plaza Atrium Senen Jakarta tahun 2001. Kelak setelah berhasil ditangkap, dia juga mengaku bertanggung jawab atas pengeboman gereja Santa Anna dan HKBP di Jakarta

2001 • Bom Gereja Santa Anna dan HKBP, 22 Juli 2001. di Kawasan Kalimalang, Jakarta Timur, 5 orang tewas.
• Bom Plaza Atrium Senen Jakarta, 23 September 2001. Bom meledak di kawasan Plaza Atrium, Senen, Jakarta. 6 orang cedera. Abdul Aziz alias Imam Samudera memberikan komado untuk melakukan peledakan Plaza Atrium Senen Jakarta tahun 2001
• Bom restoran KFC, Makassar, 12 Oktober 2001. Ledakan bom mengakibatkan kaca, langit-langit, dan neon sign KFC pecah. Tidak ada korban jiwa. Sebuah bom lainnya yang dipasang di kantor MLC Life cabang Makassar tidak meledak.
• Bom sekolah Australia, Jakarta, 6 November 2001. Bom rakitan meledak di halaman Australian International School (AIS), Pejaten, Jakarta
2002 http://www.istimata.com
• Bom Tahun Baru, 1 Januari 2002. Granat manggis meledak di depan rumah makan ayam Bulungan, Jakarta. Satu orang tewas dan seorang lainnya luka-luka. Di Palu, Sulawesi Tengah, terjadi empat ledakan bom di berbagai gereja. Tidak ada korban jiwa.
• Bom Bali I, 12 Oktober 2002. Tiga ledakan mengguncang Bali. 202 korban yang mayoritas warga negara Australia tewas dan 300 orang lainnya luka-luka. Saat bersamaan, di Manado, Sulawesi Utara, bom rakitan juga meledak di kantor Konjen Filipina, tidak ada korban jiwa. Imam Samudera sangat terobesi menggunakan internet untuk menjelaskan mengapa dirinya melakukan Bom Bali , pada akhirnya Imam Samudra tertangkap di Pelabuhan Merak, Banten, pada tanggal 21 November 2002
• Bom restoran McDonald’s, Makassar, 5 Desember 2002. Bom rakitan yang dibungkus wadah pelat baja meledak di restoran McDonald’s Makassar. 3 orang tewas dan 11 luka-luka.
2003 • Bom Bandara Soekarno-Hatta, Jakarta, 27 April 2003. Bom meledak dii area publik di terminal 2F, bandar udara internasional Soekarno-Hatta, Cengkareng, Jakarta. 2 orang luka berat dan 8 lainnya luka sedang dan ringan.
• Bom JW Marriott, 5 Agustus 2003. Bom menghancurkan sebagian Hotel JW Marriott. Sebanyak 11 orang meninggal, dan 152 orang lainnya mengalami luka-luka.
2004 • Lewat bantuan seorang sipir penjara Kerobokan Bali , berhasil menyelundupkan Laptop sehingga Imam Samudera dapat berselancar lagi di dunia maya dengan chatting lewat MIRC di chanel # cafeislmam dan # ahlussunah, mulai berkenalan dengan Max Fiderman alias Agung Prabowo
• Chatting lewat MIRC di chanel # cafeislmam dan # ahlussunah.

• Bom Palopo, 10 Januari 2004. Menewaskan empat orang.
• Kasus bom Cimanggis pada 21 Maret 2004. Ketika itu, sebuah bom rakitan meledak di dalam rumah kontrakan di Jalan Bhakti, Sukamaju, Cimanggis, Depok. Kepada aparat hukum, pelaku mengaku murid dari Haji Oman Rochman alias Aman Abdurachman bin Ade Sudarma (32), yang pada 2 Mei 2005 dijatuhi hukuman tujuh tahun penjara. Saat bebas, Oman kembali masuk bui lantaran turut terlibat dalam pelatihan militer di Jali Juntho, Aceh.
• Bom Kedubes Australia, 9 September 2004. Ledakan besar terjadi di depan Kedutaan Besar Australia. 5 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka. Ledakan juga mengakibatkan kerusakan beberapa gedung di sekitarnya seperti Menara Plaza 89, Menara Grasia, dan Gedung BNI. (Lihat pula: Bom Kedubes Indonesia, Paris 2004)
• Ledakan bom di Gereja Immanuel, Palu, Sulawesi Tengah pada 12 Desember 2004.

2005 • Imam Samudera dengan nama alias Irhaby berhasil meyakinkan Agung Prabowo alias Max Fiderman lewat carding untuk membantu Noordin M.Top . membuat situs jihad baru http://www.anshar.net merupakan pengembangan dari http://www.istimata.com yang dibredel pemerintah , sebagai situs jihad yang lebih komplit memberikan materi jihad radikal termasuk teknik serangan dan membunuh orang –orang kaffir, tutorial membuat bom dan penggunaan senjata api.
• Pasca bom Bali II , Oktober 2005 situs http://www.anshar.net ditutup pihak berwenang dan beberapa pengelolanya ikut ditangkap. • Dua Bom meledak di Ambon pada 21 Maret 2005
• Bom Tentena, 28 Mei 2005. 22 orang tewas.
• Bom Pamulang, Tangerang, 8 Juni 2005. Bom meledak di halaman rumah Ahli Dewan Pemutus Kebijakan Majelis Mujahidin Indonesia Abu Jibril alias M Iqbal di Pamulang Barat. Tidak ada korban jiwa.
• Bom Bali II , 1 Oktober 2005. Bom kembali meledak di Bali. Sekurang-kurangnya 22 orang tewas dan 102 lainnya luka-luka akibat ledakan yang terjadi di R.AJA’s Bar dan Restaurant, Kuta Square, daerah Pantai Kuta dan di Nyoman Café Jimbaran.
• Bom Pasar Palu, 31 Desember 2005. Bom meledak di sebuah pasar di Palu, Sulawesi Tengah yang menewaskan 8 orang dan melukai sedikitnya 45 orang.

2006 http://www.arrahmah.com dan http://www.muslimdaily.net
Muhammad Jibriel adalah pendiri situs http://www.arrahmah.com , sementara situs http://www.muslimdaily.net didirikan oleh murid-murid Abdurrahim Baasyir.
2007 http://www.milahibrahim.wordpress.com
Didirikan oleh murid-murid Aman Abdurarahman
Mulanya merupakan situs yang berisikan kumpulan tulisan, maupun hasil terjemahan milik Aman Abdurrahman yang saat itu sedang meringkuk dalam tahanan akibat keterlibatan dalam kasus Bom Cimanggis 2004.
2008 Dengan menggunakan Handphone dari dalam lapas , Imam Samudera aktif mengisi pengajian dan dakwah lewat chanel-chanel Islam di MIRC. # jihad
http://www.at-tawbah.net merupakan situs warisan Abdul Aziz alias Imam Samudera yang dibuat bekerjasama dengan Urwah alias Budi Pranoto • Imam Samudera dipindahkan ke Nusa Kambangan dalam rangka persiapan pelaksaan eksekusi Trio bom Bali I ( Imam Samudera, Ali Gufron dan Mukhlas).
• Trio Bom Bali akhirnya dieksekusi pada tanggal 9 November 2008, Lewat chanel MIRC# Jihad Imam Samudera aktif memberikan dakwah tentang jihad termasuk terhadap Muhammad Jibriel, alias irhaby07 , pengelola situs http://www.arrahmahman.com
• Pada tanggal 25 Oktober 2008 terjadi serangan cyber terhadap situs depkominfo.go.id yang diakui merupakan aksi dari kaum mujahidin yang memprotes pelaksaan eksekusi mati terhadap Imam Samudera ,dkk.
2009 http://www.mediaislambusyro.blogspot.com
Muncul pada akhir juli 2009 yang memuat pernyataan Noordin M.Top soal Bom Marriot dan Ritz Carlton tanggal 17 Juli 2009. Situs ini kemudian ditutup oleh pihak Blogspot akibat adanya laporan dari pihak berwenang di Indonesia.
2010 http://www.albusyro.org
Merupakan wajah baru dari
http://www.mediaislambusyro.blogspot.com
yang kini lebih sebagai forum jihad yang cukup besar di Indonesia.
• Penembakan warga sipil di Aceh Januari 2010
• Ightiyalat Kelompok Abu Omar. Sejak 2010, kelompok Abu Omar merencanakan berbagai aksi pembunuhan terhadap polisi. Rencananya mereka akan menyerang Polsek Kebun Jeruk dan Polsek Cengkareng. Tak hanya itu, mereka juga akan membunuh orang-orang Syiah yang dianggap sesat. Metode teror yang akan mereka pergunakan adalah ightiyalat atau pembunuhan diam-diam. Aksi igtiyalat ini terinspirasi oleh tulisan Faris Zahroni, yang berjudul “Sunnah Igtiyalat: Mengobarkan Semangat Mujahidin Perwira Untuk Menghidupkan Sunnah Ightiyalat” yang sudah beredar di situs-situs jihad sejak 2009.
• Pada hari senin 23 Agustus 2010, Mawan Kurniawan melakukan Deface pada beberapa situs untuk menuntut pembebasan Abu bakar Baasyir.
• Pada September 2010, Tim Hisbah Solo, mendeklarasikan baiat mati melawan Polisi, sumber inspirasi Sigit Qardhawi adalah tulisan “ wahai Bidadari Surga Kupinang Engkau dengan Keala Densus”pada situs http://www.muslimdaily.net dan http://www.thoriquna.wordpress.com Abu Muhaajir Al Induuniisiy, Wahai Bidadari Surga…Kupingang Engkau dengan Kepala Densus, 13 Mei 2010 lihat http://thoriquna.wordpress.com/2011/06/17/ wahai-bidadari-syurga-ku-pinang-engkau-dengan-kepala-densus/
• Perampokan Bank CIMB Niaga September 2010

2011 http://www.jahizuna.com
Situs yang mengkhususkan pada tulisan dan audio jihad termasuk sebagai perpustakaan online jihad terutama untuk menampung tulisan yang telah ditutup.
• Pada Maret 2011 terbit buku berjudul “Jihad Fardiyah Antara Sebuah Kewajiban dan Strategi Perang” yang dirilis oleh Forum Islam Al Busyro. Buku ini menceritakan pentingnya menerapkan strategi perang jihad fardiyah di Indonesia. Selain itu buku “Dakwah Muqowamah” karya Abu Musab Al Suri ,sebagian sudah diterjemahkan dan bisa didownload di situs jahizuna.com. Bagian yang diterjemahkan adalah soal strategi perang sel jihad atau kelompok jihad mandiri.
• Bom Cirebon , pada hari Jumat 15 April 2011, di Masjid Az-Zikra, Mapolresta Cirebon, dilakukan oleh Muhammad Syarif setelah mendapat pengaruh tulisan Abu Qatadah Al Filisthiny yang diterjemahkan oleh Aman Abdurrahman dengan judul” Menjauhi Mesjid-mesjid Dhirar” tulisan ini muncul diberbagai website kaum jihadi radikal seperti : http://www.milahibrahim.wordpress.com dan http://www.thoriquna.wordpress.com
• Bom Gading Serpong, 22 April 2011. Rencana bom yang menargetkan Gereja Christ Cathedral Serpong, Tangerang Selatan, Banten dan diletakkan di jalur pipa gas, namun berhasil digagalkan pihak Kepolisian RI
• Selain itu, aksi aksi lone wolf juga didorong pasca Pada Mei 2011, Al Busyro menterjamahkan buku “Lone Wolf: Serigala Sendirian, Mimpi Buruk Amerika” karya Yahya Al Muhajir.
• Racun Polisi, pada juni 2011 kelompok Santanam dan Ali miftah merencanakan menebar teror dengan ekstraksi buah jarak ( ricin) terhadap kantin-kantin Polisi, pengetahuan meracik racun ini diperoleh lewat buku “The Mujahideen Poison handbooks “ yang tersebar dibeberapa situs internet.
• Pembunuhan Polisi Polsek Bolo, Bima. Pada akhir Juni 2011, Syakban alias Umar Syakban tiba-tiba menikam hingga tewas seorang polisi yang sedang berjaga di Polsek Dolo, Bima. Aksi terorisme Syakban yang juga santri Pesantren Umar Bin Khatab ini tampaknya dipengaruhi oleh munculnya terjemahan tulisan “Lone Wolf: Serigala Sendirian, Mimpi Buruk Amerika” karya Yahya Al Muhajir yang muncul di Forum Islam Al Busyro pada Mei 2011.
• Bom Pesantren Umar Bin Khatab, pada hari Senin 11 juli 2011, pelaku mendapatkan ilmu meracik bom lewat tulisan “Make A Bomb In The Kitchen Of Your Mom, yang diunduh lewat situs http://www.albusyro.org Pada awal tahun 2011.
• Bom Solo, 25 September 2011. Ledakan bom bunuh diri di GBIS Kepunton, Solo, Jawa Tengah usai kebaktian dan jemaat keluar dari gereja. Satu orang pelaku bom bunuh diri tewas dan 28 lainnya terluka.
2012 • Dalam analisis bulanan Al Busyro yang berjudul “Thogut Indonesia Kian Terpuruk, Bangkitlah Wahai Ikhwan” yang dirilis Februari 2012 disebutkan salahsatu strategi perang kaum teroris di Indonesia adalah: “Membentuk kelompok-kelompok kecil dengan nama-nama berbeda agar musuh kesulitan untuk mendeteksi dan mengejar, serta memecah pekerjaan aparat keamanan. http://al-ansar007.blogspot.com/2012/03/al-busyro-4-seri-analisa-bulanan.html
• April 2012 Forum Islam Al Busyro mengupload majalah jihad “Albjadin” serta video yang isinya antara lain pembuatan racun dengan menggunakan berbagai material yang sederhana serta mudah didapat seperti aceton, clorofom dan lain-lain. http://al-ansar007.blogspot.com/2012/05/ekslusif-edisi-pertama-majalahjihadis.html
• Pada awal Mei 2012, Al Busyro merealase majalah “Inspire” No.9 yang salah satu isinya adalah teknik-teknik melakukan berbagai aksi terorisme dengan cara pembakaran terhadap kantor-kantor pihak yang dianggap musuh seperti kantor polisi, pengadilan, gedung DPR/MPR, gereja dan lainlain. http://al-ansar007.blogspot.com/2012/05/al-malahem-media-foundation-issue-9-of.html
• Penembakan dan pelemparan granat oleh orang tak dikenal dilakukan secara berturut-turut. Pertama di Pospam Simpang Gemblengan, Jumat (17/8/2012). Hal yang sama kembali terulang di Bundaran Gladak, Jalan Jenderal Sudirman, Sabtu (18/8/2012). Pada kejadian tersebut, dua polisi terluka.
• Penembakan terhadap seorang polisi di Pos Polisi Singosaren, Solo, Jawa Tengah, Kamis (30/8/2012) malam, patut dicurigai sebagai aksi teror yang telah terorganisasi. Pelaku diduga telah mempersiapkan target pos polisi yang diserangakibatnya seorang anggota Polsek Singosaren bernama Bripka Dwi Data Subekti meninggal dunia akibat luka tembak di bagian dada
• Juli 2012 Rizki Gunawan dan Cahya Fitriyanta melakukan hacking terhadap situs speedline.

2013 Brotherhood of Myanmar Hackers (BMH) Hacker Myanmar lancarkan serangan cyber ke beberapa situs di Indonesia