SOAL UJIAN KOMPETENSI LALU LINTAS

 

Petunjuk mengerjakan soal :  Diperkenankan membawa dan membuka Buku referensi ( Open Book ) , gunakan nalar dan logika hukum serta pendekatan sosiologi hukum dan  tugas Polri sebagai penegak hukum dan pencegah kejahatan , silahkan memilih 5 dari 10 pertanyaan yang diajukan secara bebas.

 

  1. Bila mengacu kepada teori  segitiga  kecelakaan , dimana factor manusia ,  factor Lingkungan dan factor kendaraan  memiliki hubungan yang  saling berpengaruh terhadap terjadinya suatu kecelakaan  , bagaimana penjelasan  saudara terhadap  Teori tersebut :
  2. Bagaimana pendapat saudara  tentang Rekayasa Lalu Lintas yang dikaitkan dengan  upaya menekan  angka kecelakaan  yang didasarkan atas konsep berfikir kritis , dimana Data base kecelakaan  digunakan dalam menyusun rekomendasi tindakan , jelaskan secara singkat ?
  3. Bagaimana pendapat saudara  tentang Konsep Perpolmas  yang diimplementasikan dalam  bidang tugas lalu lintas adalah ?
  4. Bagaimana logika berfikir yang dapat saudara jelaskan kepada  masyarakat ,mengapa dalam UU No 22 Tahun 2009 , sepeda motor wajib menyalakan  lampu utama kendaraan di siang hari (Light On ) ?
  5. Bagaimana  penerapan dan pelaksanaan Program Quick Wins  Kapolri di bidang lalu lintas ?
  6. Jelaskan apa yang dimaksud dengan Black Spot , Black Area dan Black Link ?
  7. Ketika anda nanti ditugaskan di Pos lantas Tugu Lawet , kemudian anda menemukan  Kendaraan luar Kota yang melanggar , kemudian anda hentikan dan ternyata  si pengemudi tidak membawa / Lupa  , atau tidak dapat menunjukan STNK kendaraan yang bersangkutan , apa yang akan anda lakukan , ketika pilihan tilang  merupakan pilihan terakhir yang seyogyanya  tidak dilakukan , kira kira  apa tindakan yang akan saudara lakukan ?
  8. Bagaimana pendapat saudara sebagai Polisi lalu Lintas   menilai dari sudut Hukum , UU No 22 tahun 2009  terhadap  fenomena Becak Motor ?
  9. Bagaimana pendapat saudara sebagai Polisi lalu lintas terhadap fenomena Becak Motor dilihat  dari sudut pandang tugas Kepolisian selain  sebagai penegak Hukum  adalah  juga mencegah kejahatan ?
  10. Ketika anda ditugaskan selaku petugas Patwal Sat Lantas Polres  Kebumen dan menemukan tumpukan material, bahan bangunan berupa pasir , tanah , kayu dan besi serta yang lainnya  ditimbun di badan jalan , apa yang akan anda lakukan ?